Thursday, March 23, 2017

Tugas 2 Sistem Berkas



TUGAS 02
SISTEM BERKAS

 MAKALAH ORGANISASI BERKAS
PADA MAGNETIC TAPE & MAGNETIC DISK



Disusun Oleh:

           Nama            : Argo Rudi Prasetyo
Nim             : 141.051.040




JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND
YOGYAKARTA
2016







KATA PENGANTAR

Assalamu'allaikum Wr.Wb
Segala Puji Bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat
kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tugas 2 mata kuliah Sistem Berkas dengan judul “Organisasi Berkas pada Magnetic Tape & Magnetic Disk”.
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Sistem Berkas di program studi Teknik
Informatika Fakultas Teknologi Industri pada IST AKPRIND Yogyakarta Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulisan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa terdapat kekurangan dalam penulisan laporan ini, maka dari itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Penulis berharap, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi yang membaca.

Yogyakarta, 23 Maret 2017


Argo Rudi Prasetyo






BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Saat ini teknologi komputer hampir diterapkan pada seluruh aspek kehidupan manusia,seperti administrasi, manufaktur, perbankan, militer, bisnis, ilmu pengetahuan, ekonomi, transportasi, pendidikan, rekayasa pemerintah, permainan dan lainnya (Sutanta, 2011). Untuk itu diperlukan pula media penyimpanan data untuk menyimpan data pada aspek-aspek tersebut.
Media penyimpanan data adalah bahan fisik yang di dalamnya tersimpan data, perintah dan
informasi yang dipindahkan dari dalam komputer. Media penyimpanan data disebut dengan istilah strorage medium atau media penyimpanan sekunder (secondary storage). Media penyimpanan juga bisa sebagai alat masukkan dan alat keluaran, sebagai alat masukkan adalah pada saat data dan informasi yang ada dalam media penyimpanan dibutuhkan maka akan dibuka di komputer, proses tersebut menjadi input. Sedangkan menjadi alat keluaran adalah pada saat data dan informasi yang ada dalam komputer dipindahkan atau disimpan dalam media penyimpanan. (http://sirfa.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-media-penyimpanan.html).Pada makalah ini akan dibahas mengenai organisasi berkas pada salah satu jenis media penyimpanan cadangan yaitu magnetic tape dan magnetic disk.


1.2 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut :
a. Apa pengertian dari organisasi berkas
b. Apa pengertian dari magnetic tape dan magnetic disk
c. Bagaimana prinsip kerja pada magnetic tape dan magnetic disk
d. Apa saja kelebihan dan kekurangan pada magnetic tape dan magnetic disk


1.3 Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian,  prinsip kerja, kelebihan dan kekurangan dari magnetic tape dan magnetic disk.


1.4 Manfaat

Agar memperoleh pengetahuan tentang organisasi berkas pada magnetic tape dan magnetic disk.






BAB II

PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Organisasi Berkas

Organisasi Berkas ialah suatu teknik atau cara untuk menyatakan dan menyimpan record
-record dalam sebuah berkas / file Ada 4 teknik dasar organisasi file, yaitu : Sequential, Relative, Indexed Sequential, Multi – Key
(http://cheesterzone.blogspot.co.id/2011/03/organisasi-berkas.html, diakses 23/3/2017).


2.2 Pengertian Magnetic Tape dan Magnetic Disk

Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainya. Panjang tape pada umunya 2400 feet,lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bitnik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastic yang dilapiisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar.Mekanisme aksesnya adalah tape drive
(https://ichnurezha.wordpress.com/2012/03/24/magnetic-tape-dan-magnetic-disk/).
Menurut (Rabiatul, 2011) pengertian magnetic disk adalah Direct Access Storage Device (DASD) pertama yang dibuat oleh industri komputer. Pada magnetic disk kecepatan rata-rata rotasi piringannya sangat tinggi dan merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Beberapa memory yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah flopy disk, ide disk, dan scsi disk.


2.3 Prinsip Kerja pada Magnetic Tape dan Magnetic Disk

a. Cara Kerja Magnetic Tape
Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya

b. Cara Kerja Magnetic Disk
Data pada disk juga di block seperti data pada magnetic tape. Pemanggilan sebuah block adalah banyaknya data yang diakses pada sebuah storage device. Data dari disk dipindahkan ke sebuah buffer pada main storage computer untuk diakses oleh sebuah program. Kemampuan mengakses secara direct pada disk menunjukkan bahwa record tidak selalu diakses secara sequential.


2.4 Kelebihan dan Keurangan Magnetic Tape dan Magnetic Disk

a) Magnetic Tape
Kelebihan menggunakan magnetic tape

1. Panjang record tidak terbatas
2. Density data tinggi
3. Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah
4. Kecepatan transfer data tinggi
5. Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya.
b) Kekurangan menggunakan magnetic tape

1. Akses langsung terhadap record lambat
2. Masalah lingkungan
3. Memerlukan penafsiran terhadap mesin
4. Proses harus sequential
c) Magnetic Disk
Kelebihan dan kekurangan pada Magnetic Disk

a. Kelebihan Magnetic Disk

Magnetic disk contoh hard disk dan floppy disk bersifat nonvolatile artinya data yang disimpan akan tetap ada meskipun tidak ada tegangan listrik, selain itu media penyimpanan ini re-writeable yang artinya data yang telah di write dapat di erase dan dapat di tulis ulang. Keuntungan Penggunaan Magnetic Disk yaitu Akses terhadap suatu record dapat dilakukan secara sequential atau direct, Waktu yang dibutuhkan untuk mengakses suatu record lebih cepat, Respon time cepat. Data yang telah disimpan tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. Keunggulan lainya media penyimpanan ini memiliki kapasistas yang besar dari media penyimpanan lain seperti optical disk.

b. Kelemahan Magnetic Disk
Magnetic disk selain memiliki banyak keunggulan juga memiliki sejumlah kelemahan, bahan pembuat magnetic disk merupakan konduktor yang cepat panas jadi,dari segi kecepatan masih kalah dengan Flash Drive yang berbahan semi-konduktor. Selain dalam segi kecepatan umur atau daya tahan magnetic disk lebih pendek dibandinkan flash drive pada umumnya. Dalam perawatan magnetic disk juga rentan contoh hard disk yang di pasang pada laptop konvensional karena hard disk tersusun dari piringan-piringan logam rentan terjadi gesekan di dalam dan dapat merusak magnetic disk yaitu dengan tumbuhnya jamur dan terjadi pengkaratan pada komponen magnetic disk yang sebagian merupakan logam.





BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Kebutuhan akan memori utama saja tidak mencukupi maka diperlukan peralatan tambahan untuk menyimpan data yang lebih besar dan dapat dibawa kemana-mana. Media penyimpanan juga bisa sebagai alat masukkan dan alat keluaran, sebagai alat masukkan adalah pada saat data dan informasi yang ada dalam media penyimpanan dibutuhkan maka akan dibuka di komputer, proses tersebut menjadi input. Sedangkan menjadi alat keluaran adalah pada saat data dan informasi yang ada dalam komputer dipindahkan atau disimpan dalam media penyimpanan. Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainya. Magnetic disk merupakan salah satu penyimpan sekunder, berbentuk bundar dengan dua permukaan magnetik. Keterbatasan Penggunaan Magnetic Disk adalah mudah jamur dan karat, sehingga umurnya pendek/tidak awet.

3.2 Saran

Sangat diharapkan bagi pembaca untuk mengetahui tentang media penyimpanan data (memory storage), selain itu penulis juga menyarankan untuk menerapakan apa yang ada didalam makalah ini. Makalah ini masih banyak kekurangan,untuk itu penulis menyarankan agar makalah ini bias disempurnakan baik dari cara penulisan maupun struktur Bahasa yang kurang tepat.


DAFTAR PUSTAKA

Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta : Andi. http://sirfa.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-media-penyimpanan.html (diakses 23/3/2017)
http://cheesterzone.blogspot.co.id/2011/03/organisasi-berkas.html (diakses 23/3/2017)
https://ichnurezha.wordpress.com/2012/03/24/magnetic-tape-dan-magnetic-disk/ (diakses 23/3/2017)
http://mawaista.blogspot.co.id/2015/04/tugas-02-makalah-organisasi-berkas-pada.html (diakses 23/3/2017)
http://daboel69.blogspot.co.id/2013/12/magnetic-tape.html (diakses 23/3/2017)
http://dokumen.tips/documents/kelebihan-dan-kekurangan-magnetic-disk.html (diakses 23/3/2017)

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan :