Wednesday, March 4, 2015

Masa Kegelapan Internet Akan Segera Terjadi

Kudena.blogspot.com-kamis(5/3),Informasi dalam format digital memang sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Namun jika Anda ingin informasi penting itu tetap bertahan selamanya, Vint Cerf atau yang dikenal sebagai Bapak Internet, menyarankan untuk mencetaknya dalam bentuk fisik.

Cerf dalam acara American Association for the Advancement of Science di San Jose, California, menyampaikan pemikirannya mengenai perubahan teknologi waktu ke waktu. Menurutnya, orang-orang di masa depan akan menghadapi masalah yang sama saat teknologi berubah sebelumnya. 

Salah satu pelopor internet ini mengatakan, sudah saatnya untuk mulai melestrasikan sejumlah besar data digital, sebelum semuanya hilang selamanya. Cerf memperingatkan bahwa abad ke-21 bisa saja menjadi 'Dark Ages' atau masa kegelapan kedua karena banyaknya data yang disimpan dalam format digital.

Jika demikian, maka generasi masa depan akan kesulitan untuk mengetahui tentang masa kini karena teknologi berkembang dengan cepat sehingga file lama kemungkinan tidak lagi bisa diakses.

"Jika kita tidak menemukan solusi, generasi mendatang akan sangat kesulitan mengetahui tentang kita. Kita tidak ingin kehidupan digital memudar, jadi kita ingin menjaganya dengan cara yang sama seperti menjaga buku dan lainnya. Kita harus memastikan bahwa objek digital yang kita buat bisa bertahan di masa depan," ungkap Cerf seperti dilansir Telegraph, Kamis (19/2/2015).

Vice President Google ini pun merekomendasikan membuat sebuah sistem yang tidak hanya dapat menyimpan format digital. Tapi juga dapat melindungi detail software dan sistem operasi yang dibutuhkan untuk mengakses format digital tersebut. Dengan demikian, informasi digital saat ini bisa diciptakan kembali di masa depan.

Untuk saat ini, dia menyarankan kita untuk mencetak dokumen penting dalam bentuk fisik, seperti foto keluarga. Hal ini untuk mencegah agar konten-konten berharga tidak hilang karena kemungkinan tidak kompatibel dengan sistem masa depan.

"Kita mungkin memiliki berbagai format untuk foto dan film digital, format-format itu membutuhkan software yang tepat. Kadang standarisasi yang digunakan untuk objek-objek tersebut hilang dan digantikan dengan alternatif lain. Jadi jika ada gambar yang sangat berharga bagi Anda, maka cetaklah dalam bentuk fisik," saran Cerf.

3 comments:

  1. Woh, jadi inget Y2K. Pada panik waktu itu, taun 1999. Gara-gara kalender digital gk bisa berubah ke taun 2000. #cmiiw
    Pertamaxxx btw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mungkin karna negara api sedang menyerang gan,jadi semua jadi seperti ini ..

      Delete
    2. akwoakowkaowakow ... Enggak ada hubungan e ih. ( `Д´)ノ)`ν゜)

      Delete

Tinggalkan Pesan :